Wednesday 8 June 2016

Mengatasi masalah Printer Spooler service can't running


Kali ini  saya akan membahas cara mengatasi masalah Printer Spooler service can't running. Suatu hari saya  menemukan sebuah keanehan pada laptop saya. Keanehannya terletak pada fungsi print, tampilan dialog print tidak keluar, baik dari File-Print atau Ctrl+P. Singkatnya dokumen tidak bisa diprint dari aplikasi pengolah data apapun.
Awalnya saya kira hanya error biasa namun setelah saya googling ternyata itu merupakan virus windows. Virus ini menghentikan aplikasi print spoiler namun tidak menyerang driver printernyan. Hal itu membuat fungsi add printer tidak jalan. Saat membuka word processing juga tidak bisa dipreview dan juga tidak bisa diprint. Tidak ada reaksi apapun saat dipencet perintah print. Permasalahan ini tidak bisa diatasi dengan menginstal ulang driver printer karena memang tidak terjadi error apapun di driver printer.

Berdasarkan petunjuk dari google, ternyata ada cara untuk mengatasi ini yaitu dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Klik Start->Run->ketik services.msc


  • Cari Print Spooler klik kanan dan pilih properties


  • pada startup type pilih automatic, kemudian klik start


Seharusnya setelah melakukan langkah ketiga, fungsi add printer dan fungsi printer pada berbagai aplikasi sudah jalan. Dan ternyata memang benar, fungsi printer pada lepi saya sudah kembali normal seperti sediakala.

1 comment:

  1. Mari bergabung sekarang juga dan dapatkan PROMO LIMIT FLASH CHIP POKER DOMINO S1288 11-12-2018 hanya di S1288poker.

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker

    ReplyDelete